Seputar pilkada DKI jakarta

Tak terasa, Oktober 2012 nanti, masa jabatan Fauzi Bowo dan Priyanto sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan segera berakhir. Hingga kini sudah muncul 14 calon yang ingin menggantikan posisi mereka. Ke-14 nama tersebut memang belum bisa dipastikan apakah ikut atau tidak. Namun mereka sudah mulai memunculkan diri di hadapan publik, yang terdengar gencar maupun sayup-sayup sampai. Padahal Pilkada DKI Jakarta akan berlangsung sekitar bulan Agustus-September 2012, artinya hingga pendaftaran terakhir nanti akan bermunculan nama baru, atau nama yang beredar malahan rontok. Keikutsertaan pasangan independen dalam Pilkada DKI Jakarta 2011 akan memberikan daya tarik tersendiri, persaingan parpol versus paprpol versus independen akan mewarnai Pilkada DKI, berarti meningkatkan kualitas pasangan gubernur/wakil gubernur dan meminimalkan politik uang (money politics).


Berikut empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta yang mendaftarkan diri pada hari senin lalu :
  • Pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono yang didukung Partai Golkar, PPP,dan PDS;
  • Pasangan Joko Widodo-Basuki Cahaya Purnama (PDIP, Partai Gerindra);
  • Pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Partai Demokrat, Partai Hanura, PMB, PKB, PAN, PKDI, PBB, PDS);
  • Dan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J. Rachbini (PKS).
Pasangan Hidayat dan Didik yang datang paling akhir, sekitar pukul 23.30 WIB, diantar langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.
Hidayat dan Tifatul terlihat kompak memakai baju kebesaran PKS, dengan jas putih berlogo partai tersebut di dada sebelah kirinya. Sedangkan Didik memakai baju safari lengan panjang berwarna biru tua.
Mereka datang melalui pintu belakang KPUD dan langsung naik ke lt. III untuk menyerahkan berkas. Sedangkan para pendukungnya tetap menunggu di depan Gedung KPU.
Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh KPU DKI Jakarta, pendaftaran pasangan calon yang akan mengikuti pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta dibuka mulai 13 Maret, dan berakhir pada 19 Maret, pukul 24.00 WIB. Hari pemungutan suara sendiri akan digelar pada 11 Juli tahun ini.
Sebelumnya, 2 (dua) pasangan calon dari jalur perseorangan telah melakukan pendaftaran, yakni pasangan Faisal Batubara-Biem T. Benjamin, dan pasangan Hendardji Soepandi-A.Riza Patria.
Selanjutnya, pada 20 Maret s/d 9 April, KPU DKI Jakarta akan melakukan penelitian dan pemberitahuan hasil penelitian pemenuhan syarat calon, termasuk penelitian penambahan dukungan calon perseorangan. Pasangan calon yang memenuhi persyaratan akan diumumkan pada 11 Mei, dan penetapan nomor urut akan dilakukan pada 14 Mei 2012. (lik/KPU)
Read more: PILKADA : 4 Calon Gubernur Jakarta Daftar Ke KPU  

Sumber http://catatan1989.blogspot.com/2012/03/pemilihan-calon-gubernur.html
             http://wartapedia.com/politik/pilkada/7732-pilkada--4-calon-gubernur-jakarta-daftar-ke-kpu.html

Previous
This is the oldest page

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog saya.
Mohon tinggalkan komentarnya. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment