Cara Membuat Barcode Blog

Aslamualaikum sahabat Mas Dedi Semua, salam sejahtra bagi agama lain.
Sesuai judul pertemuan kali ini saya akan mengulas tentang barcode dan cara membuat barcode itu sendiri,bukan hannya BB loh yang ada aplikasi barkode nyaa, sekarang sudah banyak jenis ponsel yang mendukung aplikasi scaner barkode contohnya : Androit, HP nokia juga bisa kok. he,he,he
<-more->
Oke ga usah banyak cerita kita langsung saja ke TKP,
Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948, yang kemudian dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang : DENSO WAVE.Barcode adalah informasi terbacakan mesin (machine readable) dalam format visual yang tercetak. Sejatinya, barcode digunakan untuk menandai suatu produk yang sering kita jumpai di toko ataupun supermarket agar mudah teroganisir.Umumnya barcode berbentuk garis-garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu. Namun seiring perkembangan teknologi, kini barcode sudah bisa menampilkan kode dalam model 2D (matrix code).


    
                Contoh Barcode Supermarket                                                                         Contoh Barkode Sekarang

Artinya, pengkodean semacam ini tak hanya berlaku di satu sisi namun berupa kode matriks dua dimensi yang berupa kombinasi kode matriks bujur sangkar.
Untuk aplikasi pembaca barcode reader itu sendiri, sudah banyak dikembangkan buat ponsel, seperti Mobiletagg dan Beetagg Reader untuk ponsel berbasis Symbian dan juga Androit yang bisa anda unduh diakhir cerita.
Nah, disini adalah tahapan untuk membuat barcode yang mungkin bisa kalian coba berkirim pesan dalam format barcode :
1. Tahap Pertama..
Masuk portal www.qrcode.kaywa.com . Selanjutnya anda akan menjumpai generator untuk membuat barcode.
2. Tahap Kedua
 Pada generator tersebut terdapat 4 pilihan : Url, Text, Phone Number, Sms. Tapi kali ini saya mencoba pilih URL, dan dikolomnya saya isi 'http://masdediku.blogspot.com/!!!' . Dan klik Generate! untuk melakukan proses konversi.

3. Tahap Ketiga
Nah, barcode sudah selesai dibuat dan unduh gambar barcode tersebut, kalo bingung cara mengunduh lebih baik Screenshoot aja.

4. Tahap Kempat
Selanjutnya mari kita uji barcodenya, apakah sudah dapat terbaca oleh aplikasi??

Jalankan aplikasi pembaca barcode yang sudah terinstal, secara otomatis aplikasi membawa modus kamera aktif dan lakukan proses scanning pada barcode. (sebelumnya gambar barcode yang kita unduh tadi dikirim ke ponsel yang lain agar dapat melakukan scanning)
5. Klimaks
Maka aplikasi akan menampilkan informasi barcode tersebut dan dibarengi bunyi Tuutt.. Seperti Screenshoot diatas, munculah URL nama blog/website anda!!!
6. langkah selanjutnya, anda tinggal tempel di blog anda.

Berikut 2 aplikasi alternatif untuk membaca barcode :
Silahkan Di download.

Selamat mencobaaaa.....

Previous
Next Post »

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog saya.
Mohon tinggalkan komentarnya. Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment